Bagi anda seorang pemula di dunia wirausaha, maka membuat bisnis baru merupakan ide yang cukup menantang. Hal ini disebabkan banyaknya kendala yang harus anda hadapi di awal merintis usaha tersebut. Untuk itu disini kami akan memberikan sebuah cara memulai usaha baru tanpa modal atau lebih tepatnya tanpa modal besar.

cara memulai usaha tanpa modal

Untuk membangun usaha baru maka diperlukan tekad yang kuat bahwa anda akan membuat usaha yang sukses dengan sekuat tenaga. Modal bukan satu-satunya yang diperlukan dalam sebuah bisnis, namun tekad yang kuat dari seorang wirausaha merupakan modal awal untuk membangun sebuah bisnis besar dimasa yang akan datang.

Setelah membulatkan tekad, maka liriklah usaha yang sudah berjalan disekitar anda. Jika anda berada didaerah kampus yang terdapat banyak kost-kostan, maka segeralah berfikir bagaimana kondisi ini menjadi keuntungan bagi anda. Misalnya dengan membuat biro informasi kost, sehingga anak kampus yang baru pindah ke kota menjadi terbantu dengan pelayanan informasi dimana tempat kost yang tersedia. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari jasa informasi tersebut atau persentase dengan para pemilik kost.

Jika anda berada di daerah pedesaan dengan hasil tani yang melimpah, maka sangat cocok anda membuat pemasaran langsung ke kota terdekat. Anda dapat mengambil sayuran atau buah-buahan dari para petani dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari para tengkulak namun dengan tempo pembayaran satu atau dua hari. Sehingga anda memiliki kesempatan untuk memasarkan hasil tani tersebut untuk menutupi modal pada keesokan harinya. Hal ini merupakan strategi jitu untuk anda yang tidak memiliki modal yang cukup.

Semua ide tersebut bisa dijalankan jika anda bersungguh-sungguh dalam mewujudkannya. Banyak sekalai ide bisnis yang mudah dijalankan tanpa modal besar, asal anda mau menggalinya. Jika ada kemauan pasti ada jalan. Apalagi bagi anda yang tinggal di kota-kota besar sangat saya sarankan untuk masuk ke toko agen besar dan lihat barang apa yang sekiranya dapat disalurkan ke daerah-daerah. Anda tidak perlu membelinya, anda tinggal foto barangnya lalu pasarkan lewat internet dan jika ada pemesan maka anda dapat meminta uangnya terlebih dahulu sehingga anda dapat mendapatkan keuntungan tanpa modal.

Sektor jasa dapat juga anda coba, misalnya layanan pembuatan toko online, jasa pembuatan paspor, jasa terjemah bahasa inggris, dan sebagainya. Bidang jasa ini hanya memerlukan kemampuan diri anda tanpa harus memiliki modal besar untuk memulainya. Untuk awal usaha maka jangan berfikir harus memiliki kantor terlebih dahulu, gunakan saja fasilitas apa adanya yang penting usaha baru anda bisa berjalan dan menghasilkan keuntungan segera.

Jika anda tidak memliki kemampuan yang bisa dijual, maka carilah teman anda yang memiliki kemampuan tersebut dan posisikan diri anda sebagai marketing. Misalnya teman anda ada yang jago membuat desain rumah, maka segeralah meminta contoh-contoh desain rumah yang telah ia buat dan mulailah menawarkannya via door to door atau via internet. Jadi yang harus anda asah ialah kemampuan membaca peluang disekitar anda. Insyaallah pada artikel berikutnya kita akan bahas bagaimana cara mudah mendapatkan ide bisnis yang menguntungkan.