Untuk memuluskan jalan menuju kesuksesan dalam membangun bisnis maka diperlukan salah satu faktor yaitu relasi. Bagi yang menanyakan bagaimana cara mencari relasi bisnis dengan efektif maka artikel inilah jawabannya. Oleh karena itu simak dengan baik penjelasan dibawah ini.

cara mencari relasi bisnis

Hubungan kerja

Jika anda mendapatkan pelanggan dari instansi atau perusahaan maka terbuka satu peluang untuk menjalin rekan atau mitra dengan pegawai kantor tersebut. Buat hubungan yang akrab disusul pertemuan diluar jam kerja sehingga dapat menguatkan hubungan relasi yang lebih baik.

Teman kampus

Carilah data teman kuliah anda dahulu yang mungkin bekerja di sekitar kota dimana anda tinggal sekarang. Hubungi dan bicarakan mengenai prospek bisnis atau apapun yang menarik untuk anda obrolkan. Jaga hubungan baik dengan teman kampus karena biasanya akan ada kedekatan lebih dibandingkan yang lain.

Teman satu kampung

Jika anda melihat suatu proyek maka biasanya didominasi oleh suku tertentu, hal ini dikarenakan relasi yang didasari tempat kelahiran yang sama akan menimbulkan jalinan pertemanan yang kuat. Untuk itu bersilaturahmilah dengan orang sekampung sehingga terjadi obrolan hangat dan peluang usaha akan terbuka dengan sendirinya.

Cari tempat santai

Pada saat memiliki waktu luang maka carilah tempat santai seperti cafe, arena bermain, pantai, dan lainnya dimana orang sedang dalam kedaan siap untuk dibawa ngobrol tentang apapun. Cari sahabat-sahabat baru pada saat-saat tersebut sehingga bukan hanya melepaskan penat saja, tapi anda pun telah menambah relasi bisnis dengan baik.

Masuklah kedalam komunitas

Apakah itu komunitas club mobil, motor, bola, pecinta burung, atau club apapun yang menarik minat anda untuk bergabung. Didalam komunitas tersebut biasanya orang datang dari berbagai latar belakang yang berbeda, sehingga akan menimbulkan hubungan persahabatan yang baik dengan disatukan oleh sebuah hobi yang disenangi bersama.

Shalat berjamaah di masjid

Dengan shalat berjamaah di masjid, bukan hanya pahala yang anda dapatkan namun silaturahmi dengan sesama jamaah juga anda dapat jalin. Bersahabat dengan satu orang sholeh tentu lebih baik daripada bersahabat dengan 1000 orang jahat. Jadi berangkatlah ke masjid 5 kali sehari dan Allah swt. akan berkahi hidup anda dunia dan akhirat.

Semoga artikel cara mencari relasi bisnis yang sudah di paparkan diatas, dapat memberi anda suatu gambaran besar guna meningkatkan tali persaudaraan sesama manusia yang saling menguntungkan.