Untuk mendapatkan usaha sampingan yang menguntungkan maka anda harus pandai dalam melihat peluang dan trend bisnis sekitar anda. Jika anda jeli maka bisnis yang menghasilkan keuntungan besar tanpa menyita waktu akan anda dapatkan. Mari kita caritahu bagaimana langkah menemukan ide bisnis sampingan serta cara membangunnya.

usaha sampingan yang menguntungkan

Potensi internet

Internet merupakan jalan termudah dan tercepat untuk membuat bisnis sampingan yang menjanjikan anda segera terwujud. Hanya meluangkan waktu beberapa menit per hari, anda sudah dapat mengelola toko online dengan baik. Luangkan waktu untuk belajar sedikit tentang cara membuat toko online baik yang berbayar maupun gratisan. Coba buka lapak di berniaga.com, olx.co.id, kaskus.co.id, dan market place lainnya yang memiliki tingkat pengunjung yang tinggi agar produk anda banyak dilihat orang dan akhirnya terjadi penjualan.

Ide usaha

Untuk mendapatkan ide usaha sampingan yang menguntungkan maka anda hanya perlu memperhatikan potensi bisnis di sekitar anda. Luangkan waktu dalam satu hari untuk masuk ke pasar-pasar atau sentra kerajinan di daerah anda. Lihatlah produk apa yang bisa dikembangkan atau dapat dijual secara luas keseluruh nusantara. Setelah anda mendapatkan produknya barulah anda cari tahu lebih dalam mengenai produsen, cara pemesanan, dan harga terbaiknya.

Foto produk

Untuk penjualan secara online maka anda harus memasang foto yang bagus dan terlihat professional. Jangan sampai kesan produk anda terlihat murahan dan tidak menarik minat pelanggan. Untuk itu gunakan warna dasar yang cerah dan disesuaikan dengan produk yang akan anda jual. Hindarkan foto dengan menggunakan model berpakaian tidak pantas karena akan memberikan kesan negatif kepada produk anda.

Harga yang kompetitif

Jangan mencari untung besar sehingga orang tidak berminat membeli. Karena di internet dengan mudahnya pembeli membandingkan harga dari satu pejual ke penjual lainnya. Strategi yang harus anda terapkan ialah bagaimana menjual dengan voleme besar sehingga walaupun keuntungan tiap produk kecil tapi anda tetap akan mendapatkan keuntungan besar sebab dikalikan dengan jumlah penjualan yang besar.

Contact

Cantumkan nomor contact anda untuk yang ingin membeli. Anda dapat mencantumkan nomor HP, pin BB, atau email sehingga anda dapat mengelola bisnis sampingan yang menguntungkan secara leluasa walaupun anda sedang bekerja di kantor. Yang harus diperhatikan ialah kecepatan anda merespon setiap pertanyyan calon pembeli, sehingga akan menimbulkan aliran informasi yang baik dan menimbulkan kepercayaan dihati pelanggan.

Pengiriman

Jika telah terjadi penjualan dan pelanggan telah mentransfer uangnya maka segera kirimkan barang pesanan menggunakan jasa logistik. Saya sarankan anda menggunakan JNE karena pelayanannya bagus dan menjangkau seluruh kota di Indonesia. Bungkuslah barang dengan baik, jangan sampai rusak atau terlihat acak-acakan. Karena packing produk akan memperlihatkan profesionalitas anda dalam usaha sampingan yang sedang anda banguntersebut. Setelah terkirim beberapa hari, janganlupa menanyakan apakah barang telah sampai kepada pembeli. Dan minta dia mengemukakan testimoninya dan pajang testimoni pelanggan di toko online anda. Selamat mencoba!