Buah pisang memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan menyusui. Energi yang dihasilkan dari mengkonsumsi pisang akan menjadikan anda tetap vit walaupun dalam masa kehamilan. Jadi kita akan bahas tentang manfaat pisang untuk ibu hamil pada artikel kali ini.


Nutrisi yang terkandung dalam buah pisang dan bermanfaat untuk ibu hamil diantaranya karbohidrat, protein, zat folat, vitamin C, vitamin B6, dan zat besi. Sedangkan vitamin B6 berguna untuk membentuk jaringan sehat, membuat sel-sel darah merah, dan membawa impuls syaraf.

Energi tambahan juga diperlukan untuk pertumbuhan janin dan pisang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik karena terbentuk dari gula alami dan sedikit pati dalam buah pisang itu sendiri. Protein yang terdapat dalam pisang berfungsi untuk membantu pertumbuhan sel baru pada ibu maupun bayi terutama pada trisemester dua dan tiga.

Wanita yang tengah hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang, karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin dan mencegah terjadi cacat bawaan. Zat folat juga membantu pertumbuhan sel-sel baru dan gen, terutama untuk pertumbuhan sel darah merah yang dibutuhkan dalam masa kehamilan. Kekurangan folat berpotensi menimbulkan kelainan tulang belakang pada janin.

Buah pisang adalah sumber vitamin C, sehingga dengan mengkonsumsi dua buah pisang akan memenuhi 1/2 dari kebutuhan harian vitamin C anda. Manfaat vitamin C ini ialah untuk membentuk pembuluh darah, kulit, gusi, dan tulang. Zat besi dalam pisang juga diperlukan untuk kesehatan darah, terutama membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh, membantu pertumbuhan, dan meningkatkan selera makan.