Jika kita berbicara mengenai sesuatu, pastinya tidak terlepas dari pembahasan sebuah fakta atau hanya sekedar opini saja. Oleh karena itu pada kali ini kita akan membahas apa sebenarnya perbedaan fakta dan opini sehingga memudahkan kita dalam memahaminya.


Jika dilihat dari pengertiannya maka fakta ialah sesuatu yang secara empiris benar dan dapat didukung oleh bukti sementara dan bisa juga sebagai suatu pendapat yang berasal dari sebuah keyakinan. Sedangkan opini biasanya sebuah pernyataan subyektif yang berasal dari sikap emosinal atau interpretasi fakta yang didapatkan oleh individu.

Secara sederhana fakta dapat diartikan sebagai sesuatu yang tidak diragukan lagi kebenarannya. Sedangkan opini adalah sesuatu yang kebenarannya masih perlu diuji. Sehingga sebuah fakta dikatakan benar apabila diyakini kebenarannya. Orang yang membuat pernyataan faktual juga memegang pendapat bahwa fakta adalah benar.

Dengan melihat beberapa pengertian diatas, maka perbedaan antara fakta dengan opini dapat dilihat dari isi pernyataan tersebut. Untuk lebih mempermudah dalam penjelasannya anda dapat melihat ciri dari sebuah pernyataan apakah memiliki ciri sebuah fakta atau hanya sekedar opini.

Adapun ciri-ciri dari sebuah fakta ialah benar-benar terjadi, sifatnya objektif, waktu dan tempat peristiwa jelas, serta dapat diperkuat dengan angka-angka. Sedangkan ciri-ciri opini diantaranya belum terjadi, berupa pendapat, bersifat subjektif, keterangannya belum jelas.

Contoh fakta ialah seperti pernyataan "produk kerajinan yang kami buat telah menguasai sebanyak 60% pasar di Jawa Barat". Sedangkan contoh opini ialah "sepertinya para pelanggan akan tetap setia menggunakan produk kerajinan kami". Dengan beberapa keterangan diatas semoga anda dapat memahami perbedaan fakta dan opini dengan baik.