Pada saat ini internet sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari pencarian suatu informasi hingga berbelanja secara online. Untuk itu kita perlu mengetahui apa pengertian internet menurut para ahli agar wawasan kita menjadi bertambah.


Internet adalah seluruh jaringan yang saling terhubung satu sama lain. Beberapa komputer- komputer dalam jaringan ini menyimpan file, seperti halaman web, yang dapat diakses oleh seluruh jaringan komputer. (Strauss, El-Ansary, Frost - 2003)

Intenet adalah jaringan satelit komunikasi yang fungsinya sangat beragam dan tentu merupakan pendukung internet di seluruh dunia. (Khoe Yao Tung)

Walaupun secara fisik Internet adalah interkoneksi antar jaringan komputer namun secara umum Internet harus dipandang sebagai sumber daya informasi. Isi Internet adalah informasi, dapat dibayangkan sebagai suatu database atau perpustakaan multi media yang sangat besar dan lengkap. Bahkan Internet dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain (maya) karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di internet seperti bisnis, hiburan, olah raga, politik dan lain sebagainya. (Lani Sidharta - 1996)

Internet merupakan jaringan komputer yang berkembang pesat dari jutaan bisnis, pendidikan, dan jaringan pemerintahan yang saling berhubungan dengan jumlah penggunanya lebih dari 200 negara. (O`Brien - 2003)

Sejarah Internet bermula pada akhir dekade 60-an saat United StatesDepartment of Defense (DoD) memerlukan standar baru untuk komunikasi Internet working. Yaitu standar yang mampu menghubungkan segala jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian dan ilmiah di universitas. Jaringan ini harus kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga mampu beroperasi didalam kondisi minimum akibat bencana atau perang. (Drew Heywood - 1996)

Internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung secara fisik dan memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikan protokol komunikasi tertentu yang disebut Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP). Protokol adalah spesifikasi sederhana mengenai bagaimana komputer saling bertukar informasi. (Allan - 2005)

Internet merupakan bentuk rangkaian komputer yang saling berhubungan ke beberapa rangkaian yang menggunakan TCP dan rangkaian tersebut merupakan packet switching communication protocol. Nah, dengan demikian, maka rangkaian tersebut disebut dengan jaringan terbesar yang dinamakan internet atau internetworking. (Wikipedia)