Semua organisasi memiliki sebuah visi yang ingin dicapai. Untuk anda yang belum memahami apa perbedaan visi dan misi, maka artikel kali ini semoga dapat memberikan gambaran lebih luas dari keduanya.


Jika dilihat dari pengertiannya maka visi ialah gambaran masa depan suatu individu, kelompok, maupun organisasi yang realistis, kredibel, dan atraktif. Sedangkan misi ialah suatu pengaturan secara komprehensif dan singkat mengenai tujuan organisasi, program ataupun sub program.

Secara lebih sederhana bahwa perbedaan visi dengan misi ialah jika visi merupakan gambaran masa depan yang ingin dicapai, sedangkan misi ialah apa saja yang bisa dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut. Oleh karena itu suatu visi tidak mengalami perubahan dari tahun ke tahun, namun misi bisa berubah disesuaikan dengan kondisi pada saat itu.

Dalam menentukan misi maka anda harus memperhatikan beberapa hal diantaranya tidak menentukan visi berdasarkan kondisi saat ini tapi orientasikan ke masa depan, mengekspresikan suatu kreatifitas, dan visi harus didasari pada prinsip-prinsip nilai yang berlaku di masyarakat.

Sebagai contoh dari sebuah visi yaitu "Menjadi perusahaan kerajinan rotan terdepan di Indonesia". Sedangkan contoh dari sebuah misi yaitu membuat produk berkualitas tinggi, memberikan keuntungan kepada para pemegang saham, memberikan kesejahteraan kepada karyawan, dan meningkatkan kreatifitas pengembangan produk kerajinan rotan.