Enaknya rasa buah pisang dengan tampilannya yang menawan ternyata memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh. Oleh karena itu manfaat pisang untuk kesehatan tubuh akan dibahas secara lengkap berikut ini.


Buah pisang merupakan sumber energi yang baik untuk tubuh karena mengandung fruktosa, glukosa, dan sukrosa yang merupakan gula alami. Kandungan tersebut kemudian diubah menjadi energi oleh tubuh dalam waktu yang singkat. Untuk anda yang memiliki jadwal padat sebaiknya mengkonsumsi buah pisang untuk mendapatkan energi secara instan.

Untuk menjaga kesehatan jantung banyak orang mengeluarkan dana yang cukup besar. Padahal pisang merupakan buah yang kaya akan serat sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit jantung koroner. Selain itu kandungan kalium buah pisang cukup tinggi dengan natrium rendah sehingga baik digunakan untuk pencegahan tekanan darah tinggi.

Kesehatan ginjal juga dapat dijaga dengan cara mengkonsumsi buah pisang secara teratur. Karena kalium yang terdapat dalam pisang dapat mengurangi risiko batu ginjal yang berhubungan dengan ekskresi kalsium dalam urin. Buang air besar juga menjadi lancar akibat kandungan serat pada pisang yang cukup tinggi sehingga terhindar dari sembelit.

Adapun manfaat pisang untuk kesehatan sistem saraf juga telah terbukti dari beberapa penelitian. Hal ini terjadi disebabkan kandungan potasium pada pisang dapat mencegah serangan stroke. Makan pisang secara teratur dapat mengurangi 40% resiko kematian disebabkan oleh stroke.

Selain itu vitamin B6 atau triptofan pada buah pisang berguna untuk pembuatan hormon serotonin yang berpengaruh pada suasana hati dan dapat menenangkan otak. Sehingga setelah makan pisang anda akan terhindar dari depresi ataupun gangguan pada waktu tidur (insomnia).